Warta Prodi 2010 – Part 1 ( Lokakarya PMRI)

Pada tahun 2010 ini, Program Studi Pendididkan Matematika telah melaksanakan berbagai macam kegiatan yang melibatkan dosen maupun mahasiswa, diantaranya yaitu lokakarya PMRI, lokakarya metodologi penelitian, pendidikan non gelar TIK dan Bahasa Inggris bagi Dosen Program Studi,  kegiatan Kunjungan ke P4TK, Sarasehan dan Syawalan, Makrab, dan UPY Mathematics Competition (UMC).

Kegiatan Lokakarya PMRI, Lokakarya Metodologi Penelitian, Pendidikan Non Gelar TIK dan Bahasa Inggris merupakan suatu kegiatan yang terkait dengan adanya HIBAH DIA Bermutu tahun fiskal 2009 yang diperoleh prodi pendidikan matematika sebagai mitra dari prodi PGSD. Dengan adanya kegiatan-kegiatan dalam HIBAH DIA Bermutu tersebut, diharapkan kualitas dari SDM pada program studi, baik dosen maupun mahasiswa akan lebih meningkat daripada sebelumnya.

Lokakarya PMRI dilaksanakan pada tanggal 29-30 Desember 2010 di Ruang Multimedia Universitas PGRI Yogyakarta. Peserta lokakarya adalah guru-guru Sekolah Dasar sebanyak 40 Orang dari 21 Sekolah Dasar di D.I. Yogyakarta, dosen Program Studi Pendidikan Matematika, dan dosen Program studi PGSD masing-masing sebanyak 6 Orang. Tujuan dari Lokakarya PMRI diadakan yaitu yang pertama sebagai wahana kepada guru terutama guru Sekolah Dasar untuk memperluas pengetahuan tentang pembelajaran guna meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah. Tujuan kedua yaitu sebagai suatu kegiatan kerjasama antara Prodi Pendidikan Matematika dengan beberapa sekolah mitra dan sekolah-sekolah yang ada di DIY, dengan harapan kedepan prodi pendidikan matematika dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama dengan mitra. Dalam lokakarya PMRI ini, yang bertindak sebagai narasumber yaitu Dr. Y. Marpaung, Hongki Julie, M. Si, dan Sumaryanta, M. Pd. Kegiatan pada hari pertama (tanggal 29 Desember 2009) terdiri dari tiga sesi yaitu Informasi tentang PMRI, dan Diskusi Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah dasar, dan Stategi dan Model-Model Pembelajaran PMRI. Sedangkan kegiatan pada hari kedua (tanggal 30 Desember 2009) terdiri dari empat sesi, yaitu Pengembangan Penilaian  PMRI, Penyusunan   Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PMRI, Presentasi Hasil Diskusi, dan Evaluasi.

 

Leave a comment