Matematika Realistik

Pendekatan pembelajaran pendidikan matematika realistik, mengawali pembelajaran dengan menggunakan konteks dunia nyata. Dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik, siswa di tuntut untuk dapat lebih aktif dalam kegiatan proses pembelajaran. subjek dalam pembelajaran adalah siswa sedangkan guru merupakan fasilitator dan motivator siswa dalam pembelajaran.

Dalam proses pembelajaran keliling daerah persegi dengan pendekatan realistik, sangat berbeda dengan proses pembelajaran dengan pendekatan mekanistik. Dalam pembelajaran realistik sajian suatu soal yang diberikan kepada siswa dalam bentuk soal cerita maupun gambar, atau dalam kalimat dengan bahasa matematika yang dapat dipahami oleh siswa.

Kekhawatiran yang utama dalam penerapan pembelajaran dengan pendekatan realistik, apakah siswa mampu menyelesaikan tanpa diberikan contoh oleh guru? Penulis telah memberikan beberapa permasalahan untuk dikerjakan siswa. Kondisi yang terjadi pada saat itu siswa belum mengenal keliling bangun datar, akan tetapi dengan apersepsi tersebut semua siswa dapat mengerjakan ketiga soal dengan benar. Salah satu contoh model yang dibuat siswa dalam menghitung keliling benda terlihat dalam gambar.

4 Comments (+add yours?)

  1. nendradwipa
    Mar 10, 2010 @ 04:29:05

    cek-cek bu

    Reply

  2. erdihermawan
    Oct 20, 2010 @ 06:22:32

    erdi hermawan A4 NIM 123

    Reply

  3. erdihermawan
    Oct 20, 2010 @ 06:52:03

    saya yang kemarin passwordnya lupa bu

    Reply

  4. Trackback: Pendidikan Matematika « ardiyanthee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: